I. SEJARAH PT.RIAU CARGO
Oki
Syafrinando lahir pada 1
November 1986 seorang lulusan dari SMK N
2 Telaga Biru, Tembilahan Riau. Perusahaan ini adalah perusahaan jasa yang
bergerak pada bidang pengiriman barang, yang berdiripada tanggal 13 Juli 2011.
PT. RIAU CARGO yang kami analisa sistemnya ini adalah perpusat di Pekanbaru.
Dalam analisa kami, perusahaan ini memiliki dua orang karyawan, namun dalam hal
ini PT.RIAU CARGO bekerja sama pada pihak SPSI dalam nenangani barang yang datang
pada PT.RIAU CARGO.
II.
PERMASALAHAN SISTEM YANG BERJALAN
Setelah
mempelajari dan mengamati sistem pengiriman yang sedang berjalan pada
perusahaan PT.RIAU CARGO, penulis menyimpulkan bahwa sistem yang berjalan saat
ini dan pada pelaksanaanya belum efesien karena sistem pengiriman yang ada
masih sebagian bersifat manual belum secara komputerisasi dan permasalahan yang
dihadapi oleh PT.RIAU CARGO sekarang ini adalah :
a. Sistem
yang digunakan terhadap pendataan jasa – jasa yang masuk dan yang dikirim tidak
efesien karena kantor PT.RIAU CARGO melakukan pendapatan masih secara manual.
b. Adanya
jasa – jasa yang tertahan atau tidak bisa dikirim karena alamat yang tidak
lengkap.
c. Masih
kurangnya armada operasional dalam hal pengiriman di setiap wilayah.
Dalam
pengamatan kami, bahwa dalam pengiriman barang, supir juga mengalami beberapa
kendala, diantaranya adalah masalah keterlambatan dalam pengiriman disebabkan
oleh factor umum yang terjadi dijalan, seperti kemacetan, kerusakan pada mobil,
dan razia yang dilakukan oleh pihak umum.
Masalah
juga dihadapi oleh karyawan pada perusahaan ini, diantaranya yaitu susahnya
mengantar barang yang masuk kepada pemilik dari barang tersebut karena tidak
lengkapnya alamat yang dicantumkan
Pihak
SPSI atau buruh setempat juga mengalami kesulitan dengan pengantaran barang
kepada pemiliknya sehingga barang kiriman tersebut masih ditumpuk pada PT. RIAU
CARGO Tembilahan.
III. ALUR
SISTEM PENERIMAAN DAN PENGIRIMAN BARANG
PADA PT.RIAU CARGO TEMBILAHAN
Dalam
pembahasan analisa sistem yang berjalan diperusahaan PT.RIAU CARGO dalam
pengolahan datanya masih manual. Sehingga proses pengolahan data dan pembuatan
laporan membutuhkan waktu yang relative lama, karena komputer yang sudah ada
belum diaplikasikan secara optimal. Maka dari itu penulis menguraikan secara
singkat tentang analisa sistem yang berjalan pada perusahaan PT.RIAU CARGO
diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Customer
datang langsung ke bagian kasir dan menyerahkan barang yang akan dikirim.
2. Kasir
mencatat data barang (nama barang, Jenis barang, berat barang, jumlah barang)
dan pembuatan tanda terima data barang yang telah diterima dari customer.
3. Kasir
mencetak form tanda terima pengiriman barang yang akan dikirim sesuai alamat
tujuan.
4. Kasir
menyerahkan barang dan form tanda terima pengiriman barang ke bagian
Operasional untuk pengiriman barang tersebut.
5. Setelah
pengiriman barang, form tanda terima barang terkirim di serahkan ke bagian
operasional, form tanda terima barang tersebut di serahkan ke bagian Kasir.
6. Kasir
mencatat barang yang terkirim agar dapat memperhitungkan daftar biaya beban
barang yang dikirim.
7. Daftar barang terkirim tersebut diserahkan ke
bagian accounting, setelah itu accounting menghitung jumlah barang yang
terkirim, memberikan daftar barang terkirim dan invoice untuk penagihan barang
yang sudah dikirim sesuai dengan alamat tujuan.
8. Accounting
membuat laporan barang terkirim dan laporan pembayaran yang seterusnya akan
diserahkan kepada pimpinan.
IV.
SOLUSI
YANG DISARANKAN
1. Pendataan
jasa-jasa yang masuk dan yang dikirim dilakukan dengan cara komputerisasi.
2. Meminta
kepada konsumen agar memberikan alamat yang lengkap, kemudian di input kedalam
computer oleh karyawan yang bertugas.
3. Melakukan
kerja sama pada pihak Angkutan Jasa yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar